Pemborong Rumah dan Jasa Kontraktor Property  adalah dua hal yang berbeda secara istilah yang berkembang di masyarakat. Mungkin sebagian besar dari kalian masih bingung dan belum mengetahui kalau ternyata pemborong atau kontraktor itu berbeda. Ya, mereka berbeda dari beberapa segi dan fungsi. Kalian bisa memilih salah satu diantara pemborong bangunan atau jasa kontraktor untuk membantu Anda mewujudkan bangunan impian dengan memepertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing penyedia jasa bangun rumah.

Mungkin dari kalian akan lebih memilih untuk membangun rumah sendiri dibandingkan dengan langsung membeli rumah yang langsung jadi. Mungkin juga kalian saat ini sedang merencanakan utuk membangun rumah? Tentunya kalian sangat mengharapkan hasil dari pembangunan rumah kalian bagus sesuai dengan rumah yang kalian impikan. Saat ini begitu banyak perusahaan perusahaan yang menyediakan jasa bangun rumah. Penyedia jasa bangun rumah ini ada beberapa opsi piihan. Kalian bisa memilih untuk menggunakan penyedia jasa bangun rumah dengan pemborong bangunan atau jasa kontraktor.

Apa bedanya pemborong rumah dengan jasa kontraktor?

Sebenarnya secara arti istilah dan harfiah pemborong dengan kontaktor itu hampir saja. Mungkin beberapa waktu terakhir ini orang-orang sedikit membedakan dalam penyebutan antara kontraktor dengan pemborong. Perbedaan antara kedua profesi ini terletak pada jika kontraktor lebih banyak mengarah ke perusahaaan atau lembaga resmi penyedia jasa pembangunan sedangkan pemborong diartikan ke arah perorangan saja. Biasanya pemborong di dalam masyarakat sana identik dengan kumpulan tukang yang memiliki leader.

Dari pengertian di atas sepertinya kalian sudah bisa membayangkan bagaimana jika kalian mempercayakan pembangunan atau renovasi rumah kalian dengan jasa kontraktor atau kalian mempercayakannya kepada pemborong bangunan. Hal yang terlintas pertama kali pasti adalah masalah budgeting atau anggaran. Atau kalian pasti berpikir dengan pengertian seperti di atas, kalian dapat menghemat anggaran dengan memilih pemborong? Mari kita lihat ulasan dibawah ini.

Jika kalian sempat berfikiran bahwa jasa kontraktor lebih mahal dibanding pemborong mari kita coba telaah bersama-sama. Mungkin memang benar secara di muka, biaya yang harus dibayarkan jika kita memilih pemborong, lebih murah dibandingkan dengan jasa kontraktor. Namun, dari segi apapun jasa kontraktor tentunya lebih bonafit dan profesional jika dibandingkan pemborong. Kita bisa dengan yakin mempercayai jasa kontraktor karena pastinya lebih signifikan. Kita hanya perlu menyediakan dana sesuai kesepakatan di awal untuk membiayai pelaksanaan pembangunan rumah kalian. Selebihnya, kalian bisa mempercayakan segala urusan ke penyedia jasa kontraktor yang kalian pilih. Selain itu, para kontraktor juga umumnya lebih ter arah seperti memiliki beberapa hal di bawah ini.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dengan RAB ini, kita bisa mengetahui perkiraan total biaya yang akan kita keluarkan untuk membangun atau merenovasi rumah. Dengan demikian, jika ada yang tidak sesuai dengan budget kita, kita bisa mengkoordinasikan agar didapatkan harga kesepakatan yang pas sesuai keinginan kita.

Memiliki Rancangan/desain yang Jelas

Desain arsitektur yang dibuat oleh jasa kontraktor pastinya akan lebih detail dan kita juga bisa melihat gambaran bagaimana hasil pembangunan atau renovasi rumah yang dilakukan. Desain itu akan menjadi acuan para pekerja dari kontraktor untuk menjalankan tugasnya sehingga mengurangi risiko terjadinya perselisihan ekspektasi hasil dari pihak klien maupun dari pihak kontraktor.

Kita sudah Tidak Perlu Direpotkan Lagi

Selain kita tidak harus sering-sering melakukan pengawasan, karena sudah ada mandor yang tentunya lebih berkompeten dari pihak kontraktor. Kita sudah tidak perlu memikirkan teknis pelaksanaan karena itu sudah tugasnya kontraktor. Kita tidak perlu lagi susah-susah mencari dan membeli material yang dibutuhkan. Selain itu, risiko terhadap barang-barang material seperti kerusakan dan kehilangan sudah tidak menjadi tanggung jawab kita lagi karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab kontraktor yang kita pilih.

Masa Pemeliharaan dari Kontraktor

Biasanya setelah pekerjaan kontraktor selesai, penyedia jasa bangun rumah ini menyediakan fasilitas pemeliharaan dalam jangka waktu 3 bulan. Selama 3 bulan itu, kita bisa meminta pihak kontraktor untuk membenarkan bagian-bagian yang masih dirasa kurang tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Dengan demikian, hasil dari pekerjaan bisa benar-benar sesuai dengan apa yang telah disepakati sebelumnya dengan penyedia jasa kontraktor.

Cara Mencari Pemborong Bangunan Rumah

Pembangunan berbagai properti di perkotaan besar seperti Jakarta atau Bandung memang sangat pesat. Kita sendiri sangat sering melihat pembangunan hotel, kantor, perumahan mewah dan bangunan lainnya yang jadi dalam waktu yang singkat.

Sebenarnya ada beberapa pihak yang ikut serta dalam proyek pembangunan sebuah hotel, perumahan dan bangunan lainnya. Biasanya investor yang akan membangun hotel maupun perumahan akan memakai jasa kontraktor.

Mungkin beberapa dari pembaca tidak mengetahui apa itu kontraktor pemborong. Mereka adalah salah satu pihak yang ikut dalam proses pembangunan dan merupakan bagian terpenting dalam sebuah proyek pembangunan. Sekarang tidaklah sulit untuk mendapatkan jasa kontraktor bangunan bandung, atau di kota besar lainnya.

Namun mendapatkan yang terpercaya dan bisa tepat waktu dalam membangun tentu membutuhkan ketelitian. Anda tentu ingin sekali mendapatkan bangunan yang berkualitas, kuat dan kokoh untuk waktu yang lama bukan? Sebelum memakai jasa kontrakto, ada baiknya anda menyimak beberapa tips memilih kontraktor pemborong bangunan yang baik di bawah ini.

Sebaiknya Anda mencari informasi lengkap mengenai jasa kontraktor yang akan Anda pakai dan informasi tentang proyek apa saja yang pernah ditangani. Bahkan bila perlu Anda bisa datang langsung ke proyek yang pernah ditangani oleh kontraktor tersebut untuk mendapatkan keterangan yang nyata.

Anda harus mencari tahu testimoni dari banyak orang atau pihak yang telah menggunakan jasa kontraktor pemborong tersebut. Dengan testimoni dari banyak orang nantinya anda akan bisa membedakan kontraktor pemborong yang baik dan kontraktor pemborong yang tidak terpercaya.
Anda juga bisa menggunakan testimoni tersebut untuk menghindarkan jasa kontrakor yang tidak baik untuk anda. Dimana anda bisa mendapatkan testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut? Anda bisa mendapatkan dari berbagai situs atau anda bisa masuk ke situs resmi jasa kontraktor tersebut.

Anda bisa menggunakan jasa kontraktor pemborong yang direkomendasikan oleh teman atau partner bisnis yang tentunya telah menggunakan jasa kontraktor tersebut. Jika kerabat anda telah memakai jasa kontraktor pemborong tersebut dan merasa puas, anda tentu akan merasa aman dan terjamin. Dengan tips tersebut anda akan bisa memilih kontraktor pemborong yang terbaik.

Sebenarnya apa saja tugas dari kontraktor pemborong? Jasa Kontraktor akan membantu Anda dalam segala proses pembangunan mulai dari mengawal proyek, membeli meterial, dan melakukan perencanaan yang lebih baik.

Tentunya hal tersebut tidak bisa kita lakukan sendiri. Maka dari itu Anda bisa memakai jasa kontraktor untuk membantu anda. Karena pentingnya kontraktor pemborong tersebut, anda tetap harus berhati-hati dalam memilih jasa kontraktor.

Banyak sedikitnya uang yang digunakan dalam proyek pembangunan akan tergantung dari jasa kontraktor yang anda gunakan juga. Gunakan tips diatas agar proyek pembangunan anda berjalan dengan lancar.

Ketika akan melaksanakan sebuah proyek misalkan membangun rumah kita pasti membutuhkan jasa Kontraktor ataupun pemborong yang akan digunakan untuk pelaksanaan konstruksi bangunan. Banyak jasa yang tersedia akan tetapi apakah anda tahu apa arti dari kontraktor dan pemborong tersebut?

Istilah untuk kedua jenis pekerjaan ini sering salah diartikan dan biasanya orang-orang menilai jika kontraktor itu sama dengan pemborong padahal secara legalitas kedua hal tersebut berbeda satu sama lainnya meskipun memiliki kesamaan dalam menawarkan jasanya
Kontraktor Rumah

Kontraktor adalah ditilik dari bahasanya berasal dari kata “kontrak” yang dalam arti khusus adalah kesepakatan kontrak/surat perjanjian yang berhubungan dengan sebuah proyek. Atau dengan istilah lain, kontraktor biasanya juga disebut dengan nama pemborong. Tetapi ada perbedaannya, simak saja sampai akhir tulisan ini

Ilustrasi Kontraktor Rumah Saat Bekerja Di Lapangan

Berdasarkan makna katanya, kontraktor adalah badan hukum atau badan usaha yang disewa untuk mengerjakan sebuah proyek sesuai dengan isi perjanjian dalam kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Proyek ini dibatasi oleh waktu penyelesaian, biaya keseluruhan, serta detail pekerjaan yang harus dilaksanakan.

Kontraktor rumah mendapatkan pekerjaannya dengan dua cara, yaitu memenangkan proyek bangunan atau rumah dalam sebuah lelang proyek setelah bersaing dengan kompetitor sesama kontraktor, dan dengan cara penunjukan secara langsung dari pemilik proyek.

Bidang usaha kontraktor memiliki cakupan yang cukup luas. Setiap kontraktor berfokus pada usaha dan spesialisasi di bidangnya masing-masing. Pada bidang kontraktor rumah, badan usaha tersebut bertanggung jawab dalm proses konstruksi rumah atau bangunan samapi selesai dibangun

Proyek yang dikerjakan kontraktor sebenarnya bukan hanya soal rumah, bisa berupa pekerjaan konstruksi berskala besar, yakni pembangunan jalan raya, bandara, pelabuhan, mall,dan gedung perkantoran;bisa juga berupa pengadaan tenaga kerja; dan juga pengadaan seragam atau peralatan militer di proyek pertahanan/militer.

Sedangkan tanggung jawab yang dimilikinya adalah melaksanakan pekerjaan sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang tertulis di dalam kontrak; melaporkan perkembangan dari proses pembangunan kepada pemilik proyek baik secara harian, mingguan, maupun bulanan; memastikan target tercapai sesuai dengan tenggang waktu yang disepakati; menyediakan tenaga kerja, bahan material, tempat dan menjaga alat-alat yang berhubungan dengan pelaksanaan proyek.

Pekerjaan kontraktor ini sedikit banyak memiliki resiko tinggi. Karena kontraktor bekerja sesuai dengan perjanjian dalam kontrak, maka apabila kontraktor gagal menyelesaikan proyek baik itu rumah atau bangunan lainnya sesuai dengan waktu yang disepakati di dalam kontrak, maka dia akan mendapatkan sanksi ataupun denda.

Bahkan hanya dengan kesalahan sedikit saja yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknik dalam perjanjian yang ada pada kontrak, sang pemilik proyek bisa menuntut kontraktor dan memberinya sanksi/denda. Oleh karena itu, menjadi seorang kontraktor memerlukan keahlian spesial agar setiap proyek dan kontrak bisa diselesaikan dengan baik.

Pemborong Bangunan

Selanjutnya kita akan membahas tentang pemborong bangunan. Pemborong bangunan adalah salah satu penyedia jasa yang bisa digunakan untuk sebuah proyek konstruksi bangunan ataupun sekedar renovasi rumah.

Ilustrasi Pemborong Bangunan Saat Bekerja Di Proyek

Berbeda dengan kontraktor, meski sama-sama menawarkan jasa pengerjaan proyek, pemborong bangunan tidak memiliki izin usaha resmi serta tidak memiliki badan hukum. Kesepakatan yang dibuat pun tidak berdasarkan hitam di atas putih, melainkan hanya melalui kesepakatan secara lisan saja.

Dan jasa ini biasanya dikelola oleh individu saja, bukan badan hukum ataupun badan usaha layaknya kontraktor. Proyek yang dikerjakan oleh pemborong bangunan biasanya berskala lebih kecil dibanding kontraktor, seperti pembangunan hunian kecil atau perumahan dengan budget yang tidak terlalu banyak.

Karena dikerjakan oleh individu, biaya yang harus dibayarkan kepada pemborong bangunan tidaklah sebanyak yang harus dibayarkan kepada kontraktor. Hanya saja, resiko dari kesepakatan yang tidak tertulis secara hitam di atas putih ini adalah apabila nanti terjadi kesalahpahaman, kecurangan, bahkan penipuan, pengguna jasa tidak bisa menuntut pemborong ke pengadilan.

Sistem pembayaran jasa pemborong bangunan harus disepakati sejak sebelum proyek dimulai. Biaya untuk memborongkan semua pekerjaan termasuk bahan material akan berbeda dengan biaya hanya membayar jasa tukang bangunan saja.

Hal tersebut bisa disesuaikan dengaan kebutuhan pemilik proyek. Untuk sistem pembayaran upah pekerja tanpa bahan material, Pemborong bangunan biasanya akan menghitung biaya berdasarkan gambar dan spesifikasi proyek yang akan dikerjakan dengan ukuran tertentu, contohnya untuk pengerjaan per meter persegi dikenai biaya upah pekerja satu juta rupiah, yang kemudian akan dikalikan dengan luas bangunan tersebut.

Jika pemilik proyek memilih jasa yang hanya membayar upah pekerja saja, maka pemilik sudah harus memiliki bahan material sendiri, atau menghitung biaya bahan material di luar biaya jasa upah pekerja.

Untuk bisa mendapatkan jasa Pemborong bangunan yang baik dan terjamin, sebaiknya dilakukan survey terlebih dahulu dengan melakukan review dari beberapa pelanggan yang telah menggunakan jasa mereka. Lebih bagus lagi jika pemborong tersebut bisa diajak negosiasi dan tawar menawar harga.